LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN 2014 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN 2014

Sri Suryani, Sri Suryani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN 2014 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11403244038_SRI SURYANI_PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNY merupakan sebuah program wajib yang diselenggarakan oleh LPPM UNY dan menjadi Mata Kuliah Wajib 3 SKS bagi mahasiswa jenjang S1 Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yang bersifat aplikatif dan terpadu untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan mahasiswa selama perkuliahan kepada siswa di sekolah sebagai seorang pendidik. Program ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata agar nantinya mahasiswa tersebut dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dibidangnya, Salah satu caranya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMK Batik Perbaik Purworejo semester khusus di Tahun Ajaran Baru 2014 / 2015. Secara Fisik SMK Batik Perbaik Purworejo terletak di Jalan K. H. Ahmad Dahlan 14 Yogyakarta. Lokasi SMK Batik Perbaik Purworejo berdekatan dengan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Memiliki 2 bidang studi yang terdiri dari 5 kompetensi keahlian yaitu, TKJ, RPL, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Pemasaran. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan observasi kelas sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMK Batik Perbaik Purworejo. Manfaat observasi juga dapat mengetahui masalah yang sering terjadi sehingga dapat memberikan solusi saat penulis praktik mengajar. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan Administrasi Guru (Minggu Efektif, Prosem, Prota, Silabus, RPP); (2) Praktik Mengajar; dan (3) Evalusi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMK Batik Perbaik Purworejo telah terlaksana dengan baik, namun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Administrasi Guru yang dapat diatasi dengan berkonsultasi kepada Guru Pembimbing. Praktik mengajar di kelas juga memiliki tantangan yaitu dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar serta melatih Intelektual dan Emosional mahasiswa. Selain hambatan dan tantangan, program PPL ini juga memberikan manfaat yang dapat diperoleh yaitu mendapatkan pengalaman mengajar (dari sisi mahasiswa) dan dapat terbiasa berbagi ilmu dalam belajar dan berlatih mengerjakan tugas mandiri (dari sisi siswa).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Administrasi Guru, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:22
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40379

Actions (login required)

View Item View Item