EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA USAHA DI JURUSAN TEKNIK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (TPHP) SMK N I PANDAK BANTUL

Siti, Hartatik (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA USAHA DI JURUSAN TEKNIK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (TPHP) SMK N I PANDAK BANTUL. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Siti Hartatik - 06511241018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA USAHA DI JURUSAN TEKNIK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (TPHP) SMK N I PANDAK BANTUL Siti Hartatik 06511241018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Mengelola Usaha yang difokuskan pada:(1) context meliputi kondisi lingkungan sekolah dan tujuan pembelajaran, (2) input meliputi guru, siswa, kurikulum, aloksi waktu, sarana prasarana, dan pendanaan, (3) process meliputi perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran, dan penilaian, (4) product meliputi hasil pembelajaran dan ketercapaian tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Mengelola Usaha dan siswa yang berjumlah 29 orang. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan januari- Februari 2011. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, metode analisis dengan teknik presentase yang selanjutnya diinterprestasikan kedalam kalimat yang bersifat kualitatif serta metode deskriptif kuantitatif dalam bentuk distribusi frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Hasil evaluasi context menunjukkan bahwa kondisi lingkungan sekolah cukup kondusif dan mendukung untuk proses pembelajaran, tujuan pelaksanaan pembelajaran yaitu membekali siswa dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar siswa kompeten dalam bidangnya. (2) Hasil evaluasi input menunjukkan bahwa guru memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, lama mengajar guru antara 6 tahun sampai 29 tahun, siswa berjumlah 29 orang, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum spektrum, penggunaan alokasi waktu untuk pelaksanaan pembelajaran sangat memadai dengan persentase sebesar 81,48%, ketersediaan sarana dan prasarana diruang kelas dan ruang praktikumsudah cukup memenuhi standar, dana diperoleh dari sekolah dan nada BOMM. (3) Hasil evaluasi process menunjukkan bahwa guru telah membuat perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sudah baik. (4) Hasil evaluasi product menunjukkan nilai ulangan ke-1 dalam kategori baik sebesar (93,10 %), kategori cukup baik (6,89 %), nilai ulangan ke-2 dalam kategori baik (72,40%), kategori cukup baik (27,58 %), nilai uji kompetensi dalam kategori baik sebesar (96,54 %), kategori cukup baik (3,44 %) dan nilai akhir hasil pelaksanaan pembelajaran dalam kategori baik sebesar (99,99 %), sedangkan untuk ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dikatakan tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 10:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40378

Actions (login required)

View Item View Item