PENGARUH PEMBERIAN VARIASI JENIS PUPUK TERHADAP KANDUNGAN GLUKOSA, SUKROSA DAN pH PADA NEKTAR BUNGA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Melianti, Melianti (2016) PENGARUH PEMBERIAN VARIASI JENIS PUPUK TERHADAP KANDUNGAN GLUKOSA, SUKROSA DAN pH PADA NEKTAR BUNGA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MELIANTI.pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Penuruan kualitas pada tanaman tomat menjadi suatu masalah yang perlu dicari penyelesaiannya. Kualitas tanaman tomat yang baik salah satunya dipengaruhi oleh adanya pupuk dan penyerbukan oleh serangga. Serangga akan tertarik pada suatu bunga jika bunga tersebut memiliki nektar yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian variasi jenis pupuk terhadap kandungan sukrosa, glukosa dan pH pada nektar tanaman tomat (Lycoersicum esculentum Mill.) Penelitian ini dilakukan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UGM, Banguntapan, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdapat 4 perlakuan yaitu PU (Pupuk NPK), PK (Pupuk Kandang), PC (Pupuk Cascing) dan PKm (Kompos). Masing-masing perlakuan terdiri atas 5 plot wilayah, sehingga total terdapat 20 plot penelitian. Penelitian terdiri dari tahap persiapan, penataan perlakuan lapangan, pemberian pupuk, pengambilan sampel bunga dan uji kandungan glukosa, sukrosa dan pH nektar tanaman tomat. Uji sampel bunga dilakukan di Laboratorium Uji Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian, UGM Yogyakarta. Kandungan pH dan glukosa tertinggi yaitu pada perlakuan PK atau Pupuk Kandang yaitu sebesar 5,65 dan 1,03%, sedangkan kandungan sukrosa tertinggi yaitu pada perlakuan PC atau Pupuk Cascing sebesar 0,785%. Kata Kunci : Nektar, Bunga, Tomat, Pupuk, Glukosa, Sukrosa, pH

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 10:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40376

Actions (login required)

View Item View Item