KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMODIFIKASI SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Herpratana, Ellan Riyadi (2016) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMODIFIKASI SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELLAN RIYADI HERPRATANA 12604221044 FIK UNY KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEM.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran seringkali menimbulkan masalah dan mengganggu proses pembelajaran pendidikan jasmani, namun tidak dapat dipungkiri tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran yang standar terkadang kurang tepat untuk pembelajaran pendidikan jasmani terlebih jika sarana dan prasarana yang standar tersebut digunakan dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas guru pendidikan jasmani dalam memodifikasi sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah dasar Negeri Kecamatan Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani Negeri di sekolah dasar Negeri Kecamatan Sewon yang berjumlah 23 guru. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba angket dilakukan terhadap 21 guru pendidikan jasmani Negeri di luar populasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dari Karl Person dan uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Realibilitas angket sebesar 0,746. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kreativitas guru pendidikan jasmani Negeri dalam memodidfikasi sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah dasar Negeri Kecamatan Sewon berada pada kategori “sangat rendah” 9,09% (2 guru), kategori “rendah” 22,72% (5 guru), kategori “sedang” 40,90% (9 guru), kategori “tinggi” 22,72% (5 guru), dan kategori “sangat tinggi” 4,54% (1 guru). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru pendidikan jasmani Negeri di sekolah dasar Negeri Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Yogyakarta berada pada kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, guru pendidikan jasmani, modifikasi, sarana dan prasarana.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 10:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40365

Actions (login required)

View Item View Item