PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA BURUH TANI DESA SRIGADING KABUPATEN BANTUL

Rhizalino, Damasus Dio (2016) PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA BURUH TANI DESA SRIGADING KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, KP.

[img] Text
Skripsi_Damasus Dio R_12110241050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak dalam keluarga buruh tani di Desa Srigading Sanden Bantul, yang di dalamnya berisi pemahaman orangtua mengenai pendidikan anak dan praktik pendidikan anak dalam keluarga buruh tani tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah orangtua (bapak dan ibu) dan anak dari keluarga buruh tani. Setting penelitian ini dilakukan di Desa Srigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif atau berkaitan satu sama lain, yaitu dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman orangtua mengenai pendidikan anak dipahami bahwa pendidikan itu penting dan berlangsung dalam keluarga. Pentingnya pendidikan anak bagi orangtua karena orangtua menginginkan anak berpendidikan lebih baik dan memperoleh pekerjaan yang lebih layak, tidak meneruskan pekerjaan orangtua. 2) Praktik pendidikan anak dalam keluarga tidak mengintegrasikan isi pendidikan yang berkaitan dengan kegiatan bertani, khususnya demi meningkatkan kualitas petani. Implementasi pendidikan di dalam keluarga sebagai berikut; a) Strategi mendidik anak menggunakan cara yang alami sesuai dengan kemampuan orangtua, serta membebaskan anak untuk bersosialisasi dengan orang lain. b) Perhatian orangtua kepada anak hanya sebatas menjadi harapan, kerja sama orangtua tidak berjalan harmonis dalam memberikan perhatian kepada anak. c) Alat pendidikan yang digunakan ketika anak berprestasi memakai cara pemberian hadiah yang sederhana, serta ketika anak bersalah orangtua hanya memberikan peringatan tidak memberi hukuman. d) Tanggungjawab orangtua diwujudkan dengan cara mengingatkan anak terkait tugas sekolah, orangtua tidak beraksi nyata dalam mendampingi anak ketika belajar, pekerjaan menjadi penghalang tanggungjawab orangtua sebagai pendidik. Kesulitan secara akademik dan ekonomi masih menjadi penghalang terlaksananya pendidikan anak di lingkungan keluarga buruh tani. Kata kunci: Pendidikan anak, orangtua buruh tani, dan Desa Srigading

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 10:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40348

Actions (login required)

View Item View Item