EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN TEAMWORK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI (SELF-DISCLOSURE) SISWA KELAS X DI MAN YOGYAKARTA 1

Erna Nur Susanti, Erna (2016) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN TEAMWORK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI (SELF-DISCLOSURE) SISWA KELAS X DI MAN YOGYAKARTA 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Erna Nur Susanti_12104244025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik permainan teamwork terhadap keterbukaan diri (self-disclosure) siswa kelas X di MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design dengan subjek siswa kelas X dengan jumlah 10 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 10 siswa sebagai kelompok kontrol. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala keterbukaan diri (self-disclosure). Skala tersebut telah melalui uji validitas dengan menggunakan expert judgment dan dinyatakan valid. Reliabilitas skala keterbukaan diri (self-disclosure) diuji menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien 0,810 menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis data menggunakan analisis univariat dan uji Wilcoxon melalui program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik permainan teamwork efektif terhadap keterbukaan diri (self-disclosure) pada siswa yang dilihat dari uji Wilcoxon pada hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan taraf signifikasi p = 0,005 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. Pengaruh pemberian treatment tersebut bersifat positif yang ditunjukkan dari peningkatan rata-rata (mean) skor pada kelompok eksperimen dari 76,4 menjadi 122,8. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik permainan teamwork terbukti efektif terhadap keterbukaan diri (self-disclosure) siswa kelas X di MAN Yogyakarta 1. Kata kunci: bimbingan kelompok teknik permainan teamwork, keterbukaan diri (self-disclosure)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:35
Last Modified: 30 Jan 2019 10:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40347

Actions (login required)

View Item View Item