Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game untuk Menstimulasi Aspek Kognitif dan Bahasa Anak TK Kelompok B

Widyatmoko, Galih (2016) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game untuk Menstimulasi Aspek Kognitif dan Bahasa Anak TK Kelompok B. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-galih-widyatmoko-14707251026.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif berbentuk (2) mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran interaktif, (3) mengetahui kebermanfaatan produk multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa anak TK Kelompok B. Jenis penelitian ini merupakan penilitian dan pengembangan (R&D) diadaptasi dari model Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada uji alpha dilakukan penilaian oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media untuk mengetahui kelayakan produk. Selanjutnya pada uji beta dilakukan terhadap 18 anak kelompok B5 sebagai subjek uji coba di TK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut : (1) Produk multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game yang dihasilkan memiliki karakteristik sebagai berikut: game dapat digunakan untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa yang sesuai dengan kurikulum sekolah, terdiri dari 4 jenis permainan, bersifat portable dan standalone, dapat berjalan dengan komputer spesifikasi rendah. (2) Produk multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game memenuhi kriteria sangat layak digunakan ditinjau dari hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,7, dan ahli media 3,56, (3) Kebermanfaatan produk merujik pada hasil uji beta 3,67. Dengan demikian multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game sangat layak digunakan untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa anak TK Kelompok B.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, game, kognitif dan bahasa
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:26
Last Modified: 09 May 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40336

Actions (login required)

View Item View Item