LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIT PELAKSANA TEKNIS SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (UPT SKB) GUNUNGKIDUL

Rina Rohmaniyati, Rina Rohmaniyati (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIT PELAKSANA TEKNIS SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (UPT SKB) GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rina Rohmaniyati.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidik. Pada tahun ini, tepatnya mulai tanggal 2 Juli – 17 September 2014, mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta telah melaksanakan program PPL tersebut. Salah satu lembaga lokasi kegiatan PPL mahasiswa adalah di Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul, Kabupaten Gunungkidul yang beralamatkan di Jalan Pemuda No. 21, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai bentuk pertanggungjawaban telah melaksanakan program PPL, maka disusun laporan ini. Laporan ini berisi tentang program kegiatan PPL yang telah dilaksanakan selama dua setengah bulan di UPT SKB Gunungkidul. Program kegiatan tersebut antara lain adalah editing buku profil SKB Gunungkidul, penulisan buku Success Story, pendampingan dan mengajar PAUD KB Handayani, pembuatan dan rekap RPM KB Handayani, perekapan pengadministrasian, perekapan data peserta kursus, pendampingan UNPK Paket B dan Paket C, pelaksanaan workshop pembuatan lagu paud, dan perayaan HUT PAUD Safira, serta mendisain papan nama KB Handayani. Berbagai kegiatan yang berlangsung selama PPL telah menghasilkan beberapa karya seperti buku dan papan nama. Selain itu, kegiatan pengelolaan administrasi atau perekapan yang dilakukan oleh mahasiswa mampu membantu meringankan pekerjaan pamong dan pengurus KB Handayani. Kegiatan PPL ini telah memberikan manfaat bagi mahasiswa. Selama PPL mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru dan pengalaman bagaimana membangun mitra kerja baik dengan kelompok satu tim, masayarakat, pihak SKB Gunungkidul (pamong dan staf tata), pendidik dan pengelola PAUD Binaan SKB seperti PAUD Handayani, Safira, Bunda Pertiwi serta Surya Ceria. Selanjutnya dalam kegiatan pendampingan dan pengajaran mahasiswa memperoleh pengalaman langsung dalam mengajar, membuat media yang akan digunakan dalam mengajar dan belajar memecahkan permasalahan dalam mengajar. Sedangkan dalam program kegiatan lainnya, seperti workshop pembuatan lagu PAUD dan perayaan HUT Safira, mahasiswa juga belajar membentuk suatu kepanitian dan kerjasama yang baik, serta belajar untuk bertanggungjawab sehingga hasil dari kedua kegiatan tersebut mendapatkan respon dan apresiasi yang baik dari masyarakat sasaran. Melalui beragam kegiatan yang telah dilaksanakan selama PPL mahasiswa bertemu dengan berbagai karakteristik masyarakat dan peserta didik. Perbedaan tersebut membuat mahasiswa belajar bagaimana cara berinteraksi dan bersosialisasi dengan baik, serta belajar untuk lebih bertoleransi dan menghargai satu sama lain. Sehingga mampu menciptakan hubungan yang harmonis selama PPL di UPT SKB Gunungkidul. Harapan penulis, apa yang telah di laksanakan dalam kegiatan PPL ini dapat bermanfaat bagi lembaga yang bersangkutan, dan bagi mahasiswa PPL. Semoga dapat mengambil hikmah dan menjadi pengalaman yang berharga. Harapan ke depan, semoga PPL di UPT SKB Gunungkidul dapat lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SKB Gunungkidul, Program, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Aug 2016 06:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40318

Actions (login required)

View Item View Item