Wahdaniah, Nurul (2016) PEMBELAJARAN MOTIF BATIK SASAMBO NUSA TENGGARA BARAT DI KELAS VIII/a SMP NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.
|
Text
TAS NURUL WAHDANIAH.PDF Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 4 Sleman, Yogyakarta ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Motif Batik Sasambo Nusa Tenggara Barat (NTB) di kelas VIII/a Tahun Pelajaran 2015/2016, ditinjau dari pesiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument), karena peneliti langsung melakukan pengumpulan hingga pengolahan data penelitian. Penelitian ini juga menggunakan bantuan instrumen lain, seperti pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, serta alat bantu alat tulis, telepon genggam, dan kamera. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Adapun langkah-langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memberikan deskripsi yang menunjukkan : 1) Persiapan pembelajaran batik tulis kelas VIII/a di SMP Negeri 4 Sleman, meliputi pengembangan silabus dan membuat RPP (materi, media,sumber belajar, dan alat praktik). 2) Pelaksanaan pembelajaran batik tulis kelas VIII/a yang dilaksanakan sesuai dengan silabus dan RPP yang dibuat guru. 3) Evaluasi pembelajaran batik tulis kelas VIII/a SMP Negeri 4 Sleman, Yogyakarta berupa hasil karya dan nilai yang mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 02:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40316 |
Actions (login required)
View Item |