HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN PROBLEM-FOCUSED COPING DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA FIP UNY

Amellia Riani, Amellia (2016) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN PROBLEM-FOCUSED COPING DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA FIP UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Amellia_Riani_12104241040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya dukungan sosial, problemfocused coping, dan psychological well-being. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan problemfocused coping dengan psychological well-being pada mahasiswa FIP UNY. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FIP UNY yang berjumlah 3.399 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 330 mahasiswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala dukungan sosial, skala problem-focused coping, dan skala psychological wellbeing. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan koefisien alpha cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil analisis penelitian menunjukkan nilai F sebesar 232,167 dengan taraf signifikansi sebesar p= 0,000 (p <0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dan problem-focused coping dengan psychological well-being pada mahasiswa FIP UNY. Hal ini berarti bahwa jika mahasiswa memiliki dukungan sosial dan problem-focused coping yang tinggi, maka mahasiswa akan memiliki psychological well-being yang tinggi pula. Sumbangan efektif dari variabel dukungan sosial dan problem-focused coping terhadap psychological well-being sebesar 58,7%, sedangkan 41,3% berasal dari faktor lain. Kata kunci: dukungan sosial, problem-focused coping, psychological well-being

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2016 05:00
Last Modified: 30 Jan 2019 10:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40315

Actions (login required)

View Item View Item