TINGKAT PEMAHAMAN TERHADAP KONSEP DAN PRAKSIS ASESMEN PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KABUPATEN BREBES

Ely Fauziyah, Ely (2016) TINGKAT PEMAHAMAN TERHADAP KONSEP DAN PRAKSIS ASESMEN PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KABUPATEN BREBES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ely Fauziyah_12104241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap konsep dan praksis asesmen pada guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengan Pertama (SMP) Negeri se-Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian sejumlah 160 guru bimbingan dan konseling yang diambil menggunakan teknik proportional sampling dari masing-masing KORWIL (kordinator wilayah) di kabupaten Brebes sehingga diperoleh 50 guru bimbingan dan konseling. Pengumpulan data dikumpulkan melalui tes pemahaman. Adapun pengujian validasi konstruksi mempergunakan pendapat ahli (expert judgment), pengujian reliabilitas instrument dilakukan dengan formula koefisien Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas 0,719. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman terhadap konsep dan praksis asesmen pada guru bimbingan dan konseling di sekolah menengah pertama (SMP) negeri se-kabupaten Brebes dalam kategori sedang dengan presentase 48%. Hal ini didukung dengan hasil analisis jawaban pembenaran responden bahwa tingkat pemahaman teradap konsep dan praksis asesmen pada guru bimbingan dan konseling di sekolah menengah pertama negeri se-kabupaten Brebes dalam kategori sedang dengan presentase 50%. Kata kunci: pemahaman konsep dan prasksis asesmen, guru bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:48
Last Modified: 30 Jan 2019 10:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40308

Actions (login required)

View Item View Item