LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMP NEGERI II BANTUL

Sulistiyo Herdaningrum, Sulistiyo Herdaningrum (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMP NEGERI II BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sulistiyo Herdaningrum_Pend.Bahasa Jawa_11205241016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. SMP Negeri 2 Bantul sebagai salah satu lokasi KKN-PPL UNY 2014. Program Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk menumbuh kembangkan sikap dan kepribadian mahasiswa sebagai calon seorang pendidik yang memiliki sikap dewasa dalam bertindak, berpikir, berdisiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta masyarakat di sekelilingnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bantul tepatnya di Jalan Raya Bantul No. 2/III Bantul ini dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan RPP, bahan ajar, serta media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran ini meliputi tiga hal, yaitu (1) kegiatan awal yang terdiri dari berdoa, absensi, apersepsi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; (2) kegiatan inti yang terdiri dari penyampaian materi kepada peserta didik, tanya jawab dan diskusi, praktikum, serta evaluasi yang biasa disingkat dengan 5M; dan (3) kegiatan akhir yang meliputi refleksi bersama, penarikan kesimpulan, dan berdoa. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII A, VII B, dan VII C. Setelah masa PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha berkarya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara belajar yang efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru pembimbing yang bersangkutan. Kegiatan PPL ini juga di harapkan dapat memberikan pengalaman secara nyata bagi praktikan. Pengalaman ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan dirinya sebagai guru atau pendidik yang professional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidang masing-masing. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMP Negeri 2 Bantul, agar kegiatan PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Bantul, Perkembangan sekolah.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40304

Actions (login required)

View Item View Item