PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA AUTHORITATIVE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAKEM

Yosef Hendy Widianto, Yosef (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA AUTHORITATIVE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_YOSEF HENDY WIDIANTO_12104241047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua authoritative terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pakem. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi keilmuan di bidang bimbingan dan konseling terutama pola asuh orang tua authotitative dan kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitiatif dengan metode expose facto. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pakem yang berjumlah 159 siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa skala pola asuh orang tua authoritative dan skala kemandirian belajar. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan uji expert judgment. Uji realibilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba reliabilitas instrumen mendapatkan nilai 0,934 untuk skala pola asuh orang tua authoritative dan 0,908 pada skala kemandirian belajar. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi sederhana dengan nilai alpha 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua authoritative mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar pada siswa. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikansi 0,000 (p <0,05) dan Persaman garis regresinya Y : 46,634 + 0,588 X. Nilai determinasi (R^2) sebesar 0,410 dapat diartikan bahwa pola asuh orang tua authoritative memberikan sumbangan efektif sebesar 41% terhadap kemandirian belajar. Berarti masih ada 59% yang disebabkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: pola asuh orang tua authoritative, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 10:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40303

Actions (login required)

View Item View Item