HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KETEPATAN SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA SEKOLAH BULUTANGKIS MATARAM RAYA SLEMAN

Setyawan, Imam (2016) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KETEPATAN SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA SEKOLAH BULUTANGKIS MATARAM RAYA SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IMAM PJKR 2009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih terlihat adanya beberapa kesalahan mendasar seperti pada gerakan badan saat memukul atau melakukan smash sehingga menyebabkan arah shuttlecock kurang akurat sehingga menguntungkan bagi kawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan dan power otot tungkai dengan ketepatan smash dalam permainan bulutangkis siswa sekolah bulutangkis di PB Mataram Raya Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah bulutangkis di PB Mataram Raya Sleman yang berjumlah 26 siswa putra dan merupakan penelitian populasi. Instrumen untuk mengukur kekuatan otot lengan yaitu menggunakan neraca pegas, untuk mengukur power tungkai menggunakan vertical jump, dan untuk mengukur ketepatan smash menggunakan tes kemampuan smash oleh Saleh Anasir (2010). Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan smash siswa sekolah bulutangkis di PB Mataram Raya Sleman, dengan nilai rx1.y = 0,896 > r(0.05)(26) = 0,374. (2) Ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai dengan ketepatan smash siswa sekolah bulutangkis di PB Mataram Raya Sleman, dengan nilai rx2.y = 0,862 > r(0.05)(26) = 0,374. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dan power otot tungkai dengan ketepatan smash siswa sekolah bulutangkis di PB Mataram Raya Sleman, dengan nilai F hitung 27,522 > F tabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 2;23 yaitu 3,422, dan Ry(x1.x2) = 0,967 > R(0.05)(26) = 0,374.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kekuatan otot lengan, power otot tungkai, ketepatan smash
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Aug 2016 06:47
Last Modified: 30 Jan 2019 10:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40299

Actions (login required)

View Item View Item