LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL

Septi Ningsih, Septi Ningsih (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
laporan ppl fixx.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Laporan ini berisi tentang pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014. Kegiatan PPL dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul Kab. Bantul yang beralamatkan di Jalan Imogiri Barat Km.7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Untuk kegiatan PPL dilaksanakan pada program setting ruangkelas PAUD Prima Sanggar, Orientasi PAUD Prima Sanggar, pendampingan TPA Prima Sanggar, pengadaan media pembelajaran, mengajar pada anak usia dini di PAUD Terpadu SKB Bantul yaitu di KBdanTK Prima Sanggar SKB Bantul Kab. Bantul. Pada Praktik pengalaman Lapangan (PPL) di SKB Bantul Kab. Bantul kegiatan praktik yang dilakukan, diantaranya adalah setting ruangkelas TK, orientasi PAUD Terpadu, pengelolaan administrasi TK Prima Sanggar, pengadaan media pembelajaran, pelatihan bunga dari kantong plastik, Bantul ekspo, pelatihan masakbolu kukus mekar dan mengajar KB dan TK binaan dari SKB Bantul Kab. Bantul. Dalam kegiatan pengadaan media pembelajaran melakukan berbagai persiapan dengan membuat proposal, menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat media pembelajaran. Dalam kegiatan setting dan orientasi melakukan berbagai persiapan dengan membuat rancangan kegiatan. Dalam kegiatan mengajar, dilakukan berbagai persiapan dalam mengajar, diantaranya adalah pembuatan Rencana Kegiatan Harian (RKH), membuat media pembelajaran, bahan untuk evaluasi, dan sebagainya. Sedangkan dalam pelatihan bantul ekspo, pelatihan bunga kantong plastic dan pelatihan masak bolu kukus mekar melakukan berbagai persiapan seperti membuat RPP, mempersiapkan materi, bahan dan alat yang dibutuhkan serta bahan untuk evaluasi. Hasil yang didapat dari melaksanakan kegiatan PPL adalah pengalaman dalam mengahadapi karakter peserta didik yang berbeda-beda, pengalaman langsung dalam mengajar,membuat media yang akan digunakan dalam mengajar, mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ditemui sebelum mengajar, saat mengajar dan setelah mengajar, serta membangun mitra kerja yang baik dengan Bapak/ Ibu Pamong, Karyawan dan pendidik PAUD Terpadu di SKB Bantul. Kegiatan PPL lebih difokuskan mengajar pada program PAUD Terpadu (TPA, KB, TK) Prima Sanggar dan PPL yang lakukan di KB dan TK Prima Sanggar SKB Bantul. Harapan penulis, apa yang telah di laksanakan dalam kegiatan PPL ini dapat bermanfaat bagi lembaga yang bersangkutan, dan bagi mahasiswa PPL. Semoga dapat mengambil hikmah dan menjadi pengalaman yang berharga. Harapan ke depan, semoga PPL di SKB Bantul dapat lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Aug 2016 03:22
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40279

Actions (login required)

View Item View Item