EFEKTIVITAS SENAM OTAK (BRAIN GYM) DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR PADA SISWA SMA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Muhammad Gunanggoro Priambodo, Muhammad (2016) EFEKTIVITAS SENAM OTAK (BRAIN GYM) DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR PADA SISWA SMA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Muhammad Gunanggoro Priambodo_12104241077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah senam otak (brain gym) efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar (burnout) pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metodenya quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Pada penelitian ini, populasi terdiri dari delapan kelas pada kelas XI. Sampel ditentukan menggunakan Quote Purposive Sampling dalam menentukan kelas sampelnya dan didapat kelas sampel yakni kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol jumlah sampel dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebanyak 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar yang berasal dari pengembangan dan modifikasi dari Maslach Burnout Inventory (MBI) yang disesuaikan dengan subjek penelitian untuk mengungkap tingkat kejenuhan. Untuk melihat pengaruh perlakuan, peneliti menggunakan uji Wilcoxon, sedangkan untuk membuktikan hipotesis, peneliti menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu senam otak mampu menurunkan kejenuhan belajar secara signifikan, yang dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi 0,013 ≤ 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,016 ≤ 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak atau senam otak efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa. Kata kunci: senam otak, kejenuhan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2016 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 10:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40278

Actions (login required)

View Item View Item