LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: SMP NEGERI 2 BANTUL JALAN RAYA BANTUL NO. 2/III BANTUL 55702

ANGGAR ARI PERWITASARI, ANGGAR ARI PERWITASARI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: SMP NEGERI 2 BANTUL JALAN RAYA BANTUL NO. 2/III BANTUL 55702. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Anggar Ari Perwitasari_Pend.IPS_11416244023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. SMP Negeri 2 Bantul sebagai salah satu lokasi KKN-PPL UNY 2014. Praktik pengalaman lapangan (PPL) ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya Praktik pengalaman lapangan (PPL) ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang professional sehingga memiliki sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya. Kegiatan atau program Praktik pengalaman lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Berdasarkan hasil observasi di SMP 2 Bantul yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2014, maka dirumuskan program kerja PPL. Ada dua program yang direncanakan yaitu program individu dan program penunjang. Program utama individu adalah program yang penulis rencanakan dan laksanakan secara individu untuk peningkatan sumber daya warga sekolah, seperti membuat RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Sedangkan program penunjang membuat media pembelajaran. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII A, VII B, VII C, VII E, VII F. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekankan semua hambatan yang terjadi selama melakukan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL, SMP 2 Bantul, mengajar
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 22 Aug 2016 03:06
Last Modified: 22 Aug 2016 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40275

Actions (login required)

View Item View Item