Ita Vitasari, Ita (2016) KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR DITINJAU DARI TINGKAT KESEPIAN DAN KONTROL DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
skripsi ita Vitasari_12104241055.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kesepian dengan kejenuhan belajar, kontrol diri dengan kejenuhan belajar dan kontrol diri dengan kesepian siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-pose facto atau pengukuran sesudah kejadian dan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 9 Yogyakarta sebanyak 196 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanya 131 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode angket. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,650 untuk kesepian, 0,610 untuk kontrol diri dan reliabilitas untuk kejenuhan (burnout) belajar milik Mubiar Agustin telah diketahui sebelumnya yaitu sebesar 0,862. Uji hipotesis korelasi sederhana dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kesepian dengan kejenuhan (burnout) belajar siswa SMAN 9 Yogyakarta. Besarnya hubungan dilihat dari nilai harga korelasi sebesar 0,305 dengan signifikansi p=0,000 (p<0,05). Ada hubugan negatif dan signifikan antara kontrol diri dengan kejenuhan (burnout) belajar. Besarnya hubungan dilihat dari nilai harga korelasi sebesar -0,301 dengan signifikansi p=0,000 (p<0,05). Ada hubungan negatif dan signifikan antara kontrol diri dengan kesepian. Besarnya hubungan dilihat dari nilai harga korelasi sebesar -0,352 dengan signifikansi p=0,000 (p<0,05). Kata kunci: kesepian, kontrol diri, kejenuhan (burnout)belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 03:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40274 |
Actions (login required)
View Item |