LAPORAN PPL 2014 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP NEGERI 2 BANTUL Alamat : Jalan Raya Bantul, No. 2 / III, Bantul, 55702

Afrizal Yudha Setiawan, Afrizal Yudha Setiawan (2014) LAPORAN PPL 2014 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP NEGERI 2 BANTUL Alamat : Jalan Raya Bantul, No. 2 / III, Bantul, 55702. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Afrizal Yudha Setiawan_Pend.Seni Musik_11208241006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib tempuh yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. SMP Negeri 2 Bantul adalah salah satu lokasi pelaksanaan PPL UNY 2014. Program Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk menumbuh kembangkan sikap dan kepribadian mahasiswa sebagai calon seorang pendidik yang memiliki sikap dewasa dalam bertindak, berpikir, berdisiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMPN 2 Bantul dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa PPL perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan RPP, bahan ajar,serta media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran ini meliputi tiga hal, yaitu (1) kegiatan awal yang terdiri dari berdoa, absensi, apersepsi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; (2) kegiatan inti yang terdiri dari penyampaian materi kepada peserta didik, tanya jawab dan diskusi, praktikum, serta evaluasi; dan (3) kegiatan akhir yang meliputi refleksi bersama, penarikan kesimpulan, dan berdoa. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas IX A, IX B, IX C, dan VII E. Proses pembelajaran di kelas IX masih menggunakan kurikulum 2006 / KTSP, sedangkan pembelajaran di kelas VII sudah menggunakan kurikulum 2013. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL di SMPN 2 Bantul dapat berjalan dengan lancar, meskipun tedapat beberapa kendala seperti kurangnya jam mengajar karena libur Hari Raya, namun hambatan – hambatan tersebut dapat teratasi dengan baik. Selain mengajar, praktikan / mahasiswa PPL juga melaksanakan program – program penunjang untuk melengkapi kinerja sebagai seorang guru seni budaya, seperti : melatih kegiatan ekstrakurikuler musik, yang meliputi : paduan suara, ansambel musik, dan marching band. Selain itu mahasiswa PPL juga berkesempatan menjadi petugas piket perpustakaan, utnuk melayani kebutuhan siswa, serta mendampingi kegiatan – kegiatan siswa di luar sekolah, khususnya kegiatan musik. Setelah masa PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha berkarya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara belajar yang efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru mata pelajaran. Kegiatan PPL ini juga memberikan pengalaman secara nyata bagi prraktikan / mahasiswa PPL. Pengalaman ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Kegiatan PPL ini juga dapat dijadikan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk menjadi guru atau pendidik yang professional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Bantul, Siswa, Mahasiswa PPL, Sekolah, Mengajar
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 22 Aug 2016 03:03
Last Modified: 22 Aug 2016 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40273

Actions (login required)

View Item View Item