PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN PADA MATA DIKLAT PEMESINAN BERDASARKAN KURIKULUM KTSP

Sudaryadi, - (2011) PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN PADA MATA DIKLAT PEMESINAN BERDASARKAN KURIKULUM KTSP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
THE_DEVELOPMENT_OF_ASSESMENT_TOOL.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan perangkat penilaian yang tepat untuk mendukung pembelajaran mata diklat Pemesinan, (2) Mengetahui kelayakan perangkat penilaian yang dikembangkan untuk pembelajaran mata diklat Pemesinan, (3) Mengetahui reliabilitas perangkat penilaian mata diklat Pemesinan yang diujicobakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Seyegan pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Fabrikasi Logam 1 (XI TFL 1). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu instrumen pengumpulan yang berupa angket dan instrumen pengumpul data yang berupa perangkat penilaian yang dikembangkan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menganalisis validitas/kelayakan dan reliabilitas perangkat penilaian. Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat penilaian mata diklat pemesinan yang terdiri dari 3 ranah/aspek penilaian yaitu: (a) ranah kognitif, menggunakan jenis tes pilihan ganda dan uraian; (b) psikomotorik, menggunakan jenis penilaian produk; (c) afektif, menggunakan jenis penilaian sikap sehingga perangkat penilaian ini siap untuk digunakan. (2) Hasil uji kelayakan terhadap perangkat penilaian mata diklat pemesinan yang dikembangkan menurut ahli materi secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 77,78 % yang berarti layak untuk digunakan, menurut ahli evaluasi secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 80,79 % yang berarti layak untuk digunakan. (3) Berdasarkan hasil uji coba perangkat penilaian mata diklat pemesinan kompetensi mengoperasikan mesin dapat diketahui koefisien reliabilitas perangkat penilaian aspek kognitif sebesar 0,709 untuk soal obyektif dan 0,703 untuk soal subyektif, koefisien reliabilitas perangkat penilaian aspek psikomotorik sebesar 0,753 dan koefisien reliabilitas perangkat penilaian aspek afektif sebesar 0,896. Berdasarkan besarnya koefisien reliabilitas dari ketiga jenis aspek perangkat penilaian dapat disimpulkan bahwa perangkat penilaian mata diklat pemesinan kompetensi mengoperasikan mesin baik pada aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif adalah reliabel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4027

Actions (login required)

View Item View Item