EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 6 YOGYAKARTA

Fitri Ningsih, Fitri (2016) EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik relaksasi efektif untuk mengurangi kejenuhan belajar pada siswa kelas XI di SMA N 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 6 Yogyakarta yang berjumlah 259 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dan didapat sampel yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelompok kontrol. Alat pengumpul data utama berupa skala kejenuhan belajar, dan alat pengumpul data tambahan berupa lembar self report. Penelitian ini memberi perlakuan berupa relaksasi otot untuk kelompok eksperimen dan bimbingan klasikal untuk kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t melalui aplikasi SPSS for Windows 21.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relaksasi otot efektif untuk menurunkan kejenuhan belajar. Hal ini ditunjukan dari hasil rata-rata tingkat kejenuhan belajar kelompok eksperimen pada pretest yaitu 26,6923 menjadi 18,0385 pada hasil rata-rata posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai sig. 0,003<0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: kejenuhan belajar, relaksasi otot

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 10:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40269

Actions (login required)

View Item View Item