Model Asesmen Efikasi Diri Guru Matematika

Widdiharto, Rachmadi (2016) Model Asesmen Efikasi Diri Guru Matematika. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-rachmadi widdiharto-08701261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model asesmen efikasi diri guru matematika (EDGM) yang valid dan reliabel; dan (2) memetakan tingkat efikasi diri guru matematika guna pengembangan keprofesian berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model Borg & Gall dan Cennamo & Kalk. Hasil adaptasi model ini adalah sebuah model pengembangan yang mencakup enam langkah, yakni (1) identifikasi kebutuhan produk, (2) desain produk, (3) evaluasi produk, (4) ujicoba produk (5) analisis dan penyempurnaan produk, dan (6) penggunaan produk. Subjek penelitian sebanyak 274 guru matematika SMP di D.I. Yogyakarta ditentukan melalui proportionate random sampling technique. Validitas isi menggunakan expert judgement melalui focus group discussion (FGD), sementara untuk validitas dan reliabilitas empiris menggunakan confirmatory factor analysis (CFA), construct reliability (CR), dan structural equation modeling (SEM) yang secara teknis menggunakan program SPSS 17.0 dan Lisrel 8.80. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut. (1). Terdapat empat dimensi atau aspek utama dalam asesmen efikasi diri guru matematika: efikasi pribadi (personal efficacy/PE), efikasi pengajaran umum (general teaching efficacy/GTE), efikasi pengajaran bidang studi (subject-matter teaching efficacy/STE), dan efikasi keluaran (outcome efficacy/OE), dengan jumlah total item adalah 54 butir. Hasil uji kecocokan model pengukuran efikasi diri guru matematika menunjukkan model fit dengan data yakni chi-square Satorra-Bentler=68,93 p-value=0,15418, root mean square error approximation (RMSEA)=0,026, dengan faktor muatan (loading factor) terendah 0,63 dan tertinggi 0,81. Reliabilitas model pengukuran dilakukan melalui construct reliability (CR) pada masing-masing dimensi, terendah 0,7650 dan tertinggi 0,8380. Hal ini didukung dengan hasil SEM antara EDGM dengan KNGM (kinerja guru matematika), chi-square=7,14, p-value=0,52212, dan RMSEA=0,000; dengan nilai estimasi parameter  = 0,87, t-value=2,45 dan R2=0,75. (2). Peta tingkat efikasi diri guru matematika adalah sebagai berikut: 43,07% termasuk kategori rendah, 55,47% termasuk kategori sedang, dan 1,46% termasuk kategori tinggi. Rerata skor efikasi diri guru matematika perempuan (50,74) tidak lebih tinggi secara signifikan dari pada rerata skor efikasi diri guru laki-laki (49,13), akan tetapi kedua-duanya masih dalam kategori sedang. Sementara perbedaan rerata skor efikasi diri guru matematika berdasarkan kualifikasi pendidikan adalah signifikan, berturut-turut skor kualifikasi: S-2, S-1 dan D-3 adalah: 57,23 (kategori sedang); 49,80 dan 39,29 (kategori rendah).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: konstruk efikasi, efikasi diri guru matematika, guru matematika SMP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:56
Last Modified: 31 Mar 2022 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40267

Actions (login required)

View Item View Item