PERAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK 45 WONOSARI

Hendriyanto, Muhammad Nurikhwan (2016) PERAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK 45 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nurikhwan Hendriyanto 09504244013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PERAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK 45 WONOSARI Oleh: MUHAMMAD NURIKHWAN HENDRIYANTO 09504244013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui peran bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar dan hubungan antara peran bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK 45 Wonosari. Subyek penelitian ini seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK 45 Wonosari yang berjumlah 55 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena seluruh siswanya dijadikan subyek penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner) dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data peran bimbingan orang tua, sedangkan dokumentasi untuk mengumpulkan data nilaisiswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria pengkategorian skor peranbimbingan orangtua, 28 dari 55 siswa berada pada kategori baik dengan skor 120,4 < X ≤ 146,2, lalu 21 dari 55 siswa berada pada kategori cukup dengan skor 94,6 < X ≤ 120,4, sedangkan sisanya berada pada kategori kurang dengan skor 68,8 < X ≤ 94,6. Hasil ini tidak sejalan dengan prestasi belajar siswa karena 24 dari 55 siswa tidak mencapai KKM di SMK 45 Wonosari. Setelah dilakukan uji hipotesis menunjukkan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran bimbingan orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK 45 Wonosari tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung= 0,170 lebih rendah dari rtabel= 0,266 pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara peran bimbingan orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK 45 Wonosari tahun ajaran 2013/2014. Penolakan hipotesis dimungkinkan karena faktor kurang seriusnya siswa dalam mengisi angket penelitian, seperti mengisi angket secara asal-asalan sehingga data yang diperoleh tidak maksimal. Kata kunci: bimbingan orangtua, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40265

Actions (login required)

View Item View Item