Damayanti, Susi (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MAKANAN KONTINENTAL KELAS XI JURUSAN TATA BOGA KONSENTRASI JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, UNY.
|
Text
Susi Damayanti 12511249003.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MAKANAN KONTINENTAL KELAS XI JURUSAN TATA BOGA KONSENTRASI JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON Oleh: Susi Damayanti NIM. 12511249003 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) motivasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga Boga mata pelajaran PM. Kontinental di SMK N 1 Sewon, (2) prestasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga mata pelajaran PM. Kontinental di SMK N 1 Sewon, dan (3) adanya hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga mata pelajaran PM. Kontinental di SMK N 1 Sewon. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional, yang dilaksanakan pada bulan Januari 2016 – Juni 2016. Populasi sebanyak 97 siswa dengan sampel 78 siswa dengan teknik propotionated random sampling. Variabel penelitian ini adalah motivasi belajar menggunakan angket dengan 30 butir pernyataan dan menggunakan dokumentasi berupa nilai rapor semester gasal untuk variabel penelitian prestasi belajar. Hasil validitas menggunakan SPSS 20.0 pernyataan yang gugur yaitu 2 pernyataan dan 28 pernyataan tidak gugur. Hasil reliabilitas menggunakan rumus Cronbach alpha sebesar 0,852 dengan tingkat sangat kuat. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa 25,64% termasuk kategori rendah, 41,03% termasuk kategori sedang, 33,33% termasuk kategori tinggi, (2) prestasi belajar siswa 12,82% termasuk kategori tinggi, 52,56% termask kategori sedang dan 34,62% termasuk kategori rendah (3) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar (x) dengan prestasi belajar (y) di SMK N 1 Sewon. Berdasarkan hasil dari analisis Regresi Sederhana bahwa Rhitung = 0,633 ini berarti nilai dari koefisien korelasi sebesar 0,633 dan Rtabel sebersar 0,220 yang berarti Rhitung>Rtabel. R Square = 0,401 yang berarti bahwa variasi motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 40,1% dan 59,9% berasal dari variabel lain. Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, makanan Kontinental.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 02:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40264 |
Actions (login required)
View Item |