Pengembangan Bahan Ajar Matematika Kelas VII Semester Genap dengan Pendekatan Matematika Realistik yang Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa

Habsah, Fitria (2016) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Kelas VII Semester Genap dengan Pendekatan Matematika Realistik yang Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitria-habsah-14709259002.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks matematika kelas VII semester genap dengan menggunakan pendekatan matematika realistik yang berorientasi pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Kualitas hasil pengembangan didasarkan pada kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Kesepuluh langkah ini dikelompokkan menjadi 3 tahapan utama yaitu tahap studi pendahuluan, tahap desaian produk, serta tahap pengembangan produk dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian adalah siswa-siswi SMP Negeri 2 Pujon, Kabupaten Malang yang terdiri dari 30 siswa kelas uji coba (menggunakan bahan ajar yang dikembangkan) dan 29 siswa kelas kontrol (menggunakan buku BSE dari pemerintah). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, tes kemampuan penalaran matematis, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Bahan ajar dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori “baik”. Bahan ajar dikatakan praktis jika penilaian guru dan siswa minimal berkategori “baik”. Bahan ajar dikatakan efektif jika minimal 75% nilai siswa minimal berada pada kategori “baik” pada kemampuan penalaran maupun kemampuan komunikasi matematis. Untuk memperkuat keefektifan, maka dilakukan uji statistik inferensial dengan melihat perbedaan rerata yang signifikan dari nilai pretest dan posttest ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. Selanjutnya, dibandingkan keefektifan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen tersebut. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria valid. Hasil penilaian guru dan siswa menunjukan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria praktis. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa bahan ajar efektif. Persentase banyaknya siswa yang minimal berada pada kategori baik mencapai 83,33% untuk kemampuan penalaran dan 86,67% untuk kemampuan komunikasi matematis. Hasil uji statistik menujukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan lebih efektif daripada buku BSE milik pemerintah ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, pendidikan matematika realistik, kemampuan penalaran matematis, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:25
Last Modified: 09 May 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40263

Actions (login required)

View Item View Item