PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 PRAMBANAN KLATEN

Tri Mawarni, Yunia (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Yunia Tri Mawarni_12201241015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan media kartu bergambar untuk siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Prambanan Klaten. Peningkatan dapat dilihat secara proses dan secara produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Prambanan Klaten. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D yang terdiri atas 23 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan bercerita. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas empat tahap setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, angket, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes keterampilan bercerita. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar observasi, pedoman wawancara, tes bercerita, catatan lapangan, dan lembar penilaian keterampilan bercerita siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas proses, validitas demokratik, dan validitas hasil. Reliabilitas diwujudkan dengan data asli yang meliputi transkrip wawancara, angket, dokumentasi, lembar pengamatan, catatan lapangan, dan lembar penilaian bercerita. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dapat dilihat dari peningkatan proses dan produk. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan, perhatian dan konsentrasi siswa pada pelajaran, minat siswa selama pembelajaran, dan keberanian siswa bercerita di depan kelas. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor hasil keterampilan bercerita siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media kartu bergambar dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan siswa, terbukti dari meningkatnya keaktifan siswa, perhatian dan konsentrasi siswa, keberanian siswa, serta minat siswa. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan bercerita dari pratindakan sampai siklus II. Skor rata-rata kelas yang diperoleh pada saat pratindakan, sebesar 17,62, kemudian meningkat menjadi 20,56 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 23,06 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 5,44.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40258

Actions (login required)

View Item View Item