RELEVANSI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KEBUTUHAN JABATAN PENGUJI KENDARAAN BERMOTOR PADA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TRANSPORTASI DARAT (BPPTD) – Bali

Adam, Cindhy (2016) RELEVANSI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KEBUTUHAN JABATAN PENGUJI KENDARAAN BERMOTOR PADA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TRANSPORTASI DARAT (BPPTD) – Bali. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_CindhyAdam_12503244012.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui program diklat PKB pada BPPTD Bali; (2) mengetahui macam kebutuhan kompetensi jabatan penguji kendaraan bermotor; dan (3) relevansi program pendidikan dan pelatihan pengujian kendaraan bermotor terhadap kebutuhan kompetensi jabatan penguji kendaraan bermotor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Naturalistik. Penelitian ini merupakan phenomena yang asli dan nature di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Bali dan Unit Pelayanan Terpadu Daerah Pengujian Kendraan Bermotor (UPTD PKB) Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Triangulasi sumber dipilih sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, kategorisasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa, (1) Program Diklat PKB pada BPPTD Bali meliputi diklat awal Program Studi Diploma II Penguji Kendaraan Bermotor dan Diklat Teknis meliputi diklat dasar penguji kendaraan bermotor, diklat penguji kendaraan bermotor lanjutan I, diklat penguji kendraan bermotor lanjutan II, diklat penguji kendaraan bermotor lanjutan III; (2) macam kebutuhan kompetensi jabatan penguji kendaraan bermotor didasarkan pada tugas pokok dan fungsinya, kompetensi jabatan sebagai seorang penguji kendaraan bermotor memilki 4 tingkat meliputi penguji pemula, pelaksana lanjutan, pelaksana lanjutan I dan Penyelia; (3) Relevansi program pendidikan dan pelatihan pengujian kendaraan bermotor dengan kebutuhan jabatan penguji kendaraan bermotor sudah relevan memenuhi kebutuhan lapangan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing jabatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Pendidikan dan Pelatihan, Program, Penguji Kendaraan Bermotor
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:18
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40257

Actions (login required)

View Item View Item