Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) pada Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Gantiwarno

Muinah, Muinah (2011) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) pada Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Gantiwarno. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muinah-09709251022.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan metode pembelajaran kooperatif Tipe Team Game (TGT) dan metode pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar maupun minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gantiwarno; dan 2) menyelidiki manakah yang lebih efektif metode pembelajaran kooperatif Tipe Team Game (TGT) dengan metode pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gantiwarno. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gantiwarno yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas yaitu kelas VIID dan VIIE sebagai sampel penelitian. Kelas yang diperoleh adalah kelas VIID dan VIIE. Kelas VIID belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan VIIE belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket minat belajar matematika, dan tes prestasi belajar matematika. Untuk menguji keefektifan pembelajaran metamatika dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT digunakan analisis one sample t test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling, dan uji t dengan kriteria bonferroni untuk menentukan metode pembelajaran manakah yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif terhadap prestasi belajar maupun minat belajar matematika; dan 2) metode pembelajaran kooperatif Tipe Team Game (TGT) lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gantiwarno.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe TGT, pembelajaran kooperatif tipe NHT, prestasi belajar, minat belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:03
Last Modified: 29 Jan 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40255

Actions (login required)

View Item View Item