Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Higher-Order Thinking Skills dan Practical Skills Pada Pembelajaran Kimia Berbasis Inkuiri Bagi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Mujadalah, Mujadalah (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Higher-Order Thinking Skills dan Practical Skills Pada Pembelajaran Kimia Berbasis Inkuiri Bagi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mujadalah-14728251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui: (1) Karakteristik instrumen penilaian autentik higher-order thinking skills practical skills pada pembelajaran kimia berbasis inkuiri; (2) Efektivitas instrumen penilaian autentik untuk mengukur higher-order thinking skills dan practical skills pada pembelajaran berbasisis inkuiri bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi empat tahap yaitu define (mendefinisikan), design (merancang), develop (mengembangkan), dan disseminate (menyebarkan) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Validitas isi dibuktikan dengan expert judgment dan dianalisis menggunakan formula Aiken’s. Uji coba instrumen melibatkan 66 peserta didik MAN Yogyakarta I. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar validasi item instrumen, soal HOTS dengan jawaban terurai, dan lembar observasi. data politomus hasil uji coba dianalisis dengan model Rasch menggunakan bantuan program Winsteps 3.73. Hasil penelitian sebagai berikut, (1) Karakteristik instrument penilaian autentik ditinjau dari validitas isi yaitu tinggi, sedangkan untuk validitas empirisnya berdasarkan tiga kriteria yaitu OUTFIT MNSQ, ZSTD dan Pt Mean Corr untuk 10 item HOTS dan 31 item practical skills sudah terpenuhi, 2 item practical skills tidak memenuhi kriteria. Reliabilitas instrumen penilaian HOTS dan practical skills berdasarkan index sparation item sangat bagus dengan nilai >0,90, dan (2) Ketercapaian HOTS peserta didik kelas XI MIA MAN Yogyakarta I sebagian besar berada pada kategori tinggi 31,82% dan sedang 22,73%. Ketercapaian peserta didik untuk practical skills sebagian besar berada pada kategori sangat tinggi dan tinggi yaitu 45,01% dan 39,06%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: higher-order thinking skills, practical skills, pembelajaran kimia berbasis inkuiri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:59
Last Modified: 09 May 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40252

Actions (login required)

View Item View Item