Ibnu Anas, Ibnu Anas (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2013/2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
Hal. Pengesahan.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1, 2 , 3.pdf Download (426kB) | Preview |
Abstract
Laporan ini berisi tentang pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014. Kegiatan PPL dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul Kab. Bantul yang beralamatkan di Jalan Imogiri Barat Km.7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan pada program mengajar pada anak usia dini di PAUD Terpadu SKB Bantul yaitu di Kelompok Bermain (KB) Prima Sanggar dan Taman Kanak-kanak (TK) Prima Sanggar SKB Bantul Kab. Bantul, dan juga dilaksanakan pada kursus-kursus yang ada di SKB Kab. Bantul khususnya di dalam bidang PLS, diantaranya yaitu kursus memasak, kursus menjahit dan kursus komputer Pada Praktik pengalaman Lapangan (PPL) di SKB Bantul Kab. Bantul kegiatan praktik yang dilakukan, diantaranya adalah mengajar Kelompok Bermain binaan dari SKB Bantul Kab. Bantul. Dalam kegiatan mengajar, dilakukan berbagai persiapan dalam mengajar, diantaranya adalah pembuatan Rencana Kegiatan Harian (RKH), membuat media pembelajaran, bahan untuk evaluasi, dan sebagainya. Hasil yang didapat dari melaksanakan kegiatan PPL adalah pengalaman dalam mengahadapi karakter peserta didik yang berbeda-beda, pengalaman langsung dalam mengajar,membuat media yang akan digunakan dalam mengajar, mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ditemui sebelum mengajar, saat mengajar dan setelah mengajar, serta membangun mitra kerja yang baik dengan Bapak/ Ibu Pamong, Karyawan dan pendidik PAUD Terpadu di SKB Bantul. Kegiatan PPL lebih difokuskan mengajar pada program PAUD Terpadu (TPA, KB, TK) Prima Sanggar dan PPL yang kami lakukan di KB dan TK Prima Sanggar SKB Bantul. Sedangkan dalam PPL yang dilaksanakan di dalam kursus-kursus yaitu dilakukan dengan membuat desing kurikulum. Harapan kami, apa yang telah kami laksanakan dalam kegiatan PPL ini dapat bermanfaat bagi lembaga yang bersangkutan dan bagi mahasiswa PPL. Semoga dapat mengambil hikmah dan menjadi pengalaman yang berharga. Harapan ke depan, semoga PPL PLS UNY dapat lebih baik
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Definisi PPL, Program PPL, Manfaat PPL |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 01:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |