UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL

Nadya Izzati, Zusma (2016) UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Zusma Nadya Izzati_12201241071.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain drama dengan menggunakan metode sosiodrama pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kretek Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kretek Bantul tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, pengamatan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (proses, hasil, demokratis, dan dialogis) dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan bermain drama pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kretek Bantul. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan siswa dari pratindakan dengan nilai rata-rata hitung sebesar 18,84 (31,4%), siklus I sebesar 44,28 (73,8%), siklus II mencapai 49,6 (82,67%). Dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,32 (8.87%). Peningkatan keterampilan siswa dalam bermain drama dari pratindakan sampai siklus II sebesar 30,76 (51,27). Selain itu, proses pembelajaran bermain drama juga mengalami peningkatan. Sebelum implementasi tindakan, siswa masih belum berani berekspresi, kurang aktif, masih sering bergurau dengan siswa lain, dan siswa masih terlihat ragu untuk memainkan tokoh yang dibawakannya, sehingga peran yang dimainkan kurang maksimal. Setelah implementasi tindakan, siswa menjadi lebih dapat berekspresi, lebih aktif, proses pembelajaran menjadi kondusif, dan siswa tidak ragu lagi dalam memerankan tokoh yang dibawakannya, bahkan siswa mampu improvisasi di dalam memerankan tokoh. Dengan demikian, keterampilan bermain drama siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kretek Bantul telah mengalami peningkatan baik proses maupun hasil setelah dikenai tindakan menggunakan metode sosiodrama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40246

Actions (login required)

View Item View Item