PENGURANGAN FREKUENSI MEMBOLOS MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA SISWA KELAS X D TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Aji Pradipta Susanta, Aji (2016) PENGURANGAN FREKUENSI MEMBOLOS MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA SISWA KELAS X D TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian didasarkan pada perilaku membolos siswa kelas X D TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku membolos siswa kelas X D TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan melalui teknik diskusi kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklus II dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang apa saja tindakan yang termasuk dalam perilaku membolos, cara mengatasinya dan meningkatkan motivasi belajar belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X D TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yang berjumlah 27 orang. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penayangan film “Coach Carter”, presentasi materi tentang jenis-jenis perilaku membolos dilanjutkan diskusi kelompok kecil, presentasi hasil diskusi kelompok kecil, dan perencanaan karir setelah lulus SMK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan buku presensi siswa, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskusi kelompok kecil dapat mengurangi perilaku membolos siswa kelas X D TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Data frekuensi perilaku membolos diperoleh dari data presensi semester 1 tahu ajaran 2014/2015 diperoleh data 27 siswa frekuensi membolosnya berkisar antara 7 sampai 30 kali. Hasil tindakan siklus I yang terdiri dari dua tindakan, 8 siswa frekuensi membolosnya berkurang menjadi 0. Hasil tindakan siklus II yang terdiri dari dua tindakan, 27 siswa frekuensi membolosnya telah berkurang menjadi 0. Hasil tersebut juga diperkuat dengan wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan adanya pengurangan frekuensi membolos yang dapat dilihat dari rekap presensi siswa. Kata Kunci: diskusi kelompok kecil, frekuensi membolos

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40242

Actions (login required)

View Item View Item