LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) PLS FIP UNY 2014 DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL

APRILIANA EGA SAPUTRI, APRILIANA EGA SAPUTRI (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) PLS FIP UNY 2014 DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Laporan sampul-abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Bab I- Bab III.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Laporan ini berisi tentang pelaksanaan kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-PPL jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2013. Kegiatan PPL PLS UNY dilaksanakan di UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul dengan alamat di JI. Imogiri barat no 7 , Bantul. Kegiatan PPL meliputi beberapa macam program antara lain pengajaran TK PRIMA SANGGAR, SKB Bantul, KB PRIMA SANGGAR SKB BANTUL, PENDAMPINGAN TPA SKB BANTUL,Orientasi KB (PAUD) Prima Sanggar, Pengelolaan Administrasi TK Prima Sanggar. Pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SKB Bantul terdapat beberapa kegiatan yang praktikan lakukan diantaranya mengajar di TK dan KB juga pendampingan di TPA SKB Bantul. Dalam kegiatan mengajar praktikan melakukan beberapa persiapan dalam mengajar diantaranya pembuatan rancangan pembelajaran, media pembelajaran, bahan evaluasi dan sebagainya.Hasil yang didapat dari melaksanakan kegiatan PPL adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peseta didik/warga belajar yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, belajar untuk persiapan dalam mengajar, dan mampu mengatasi hambatan-hambatan yang muncul saat kegiatan belajar berlangsung. Serta melatih dalam bersosialisasi dengan semua pihak di SKB maupun masyarakat yang menjadi sasaran program PPL. Untuk lebih meningkatkan mutu dari kegiatan PPL di lembaga maka lembaga perlu mningkatkan hubungan dengan pihak Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang telah terjalin dengan baik selama ini. Sarana belajar perlu ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya. Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PPL harus lebih mempersiapkan diri, dengan mencari informasi yang lengkap melalui identifikasi kebutuhan lembaga dan pendekatan yang lebih dalam menjalin hubungan dengan lembaga. Harapannya apa yang telah kami laksanakan dapat berguna bagi lembaga terkait dan mampu untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas maupun kuantitas lembaga sekaligus mampu meneruskan program yang telah berjalan.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:34
Last Modified: 22 Aug 2016 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40241

Actions (login required)

View Item View Item