KEEFEKTIFAN STRATEGI BERPIKIR BERBICARA MENULIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA KOTA YOGYAKARTA

Putra Azharin, Barrin (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI BERPIKIR BERBICARA MENULIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Barrin Putra Azharin_10201244044.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji apakah terdapat perbedaan menulis narasi sugestif yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis; (2) menguji keefektifan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMPN 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan rancangan control group pre-test post-test design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis dan variabel terikat berupa menulis teks cerita pendek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 14 Yogyakarta Kota Yogyakarta. Sampel diambil dengan teknik random sampling, ditetapkan kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIID sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis teks cerita pendek. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan menulis cerita pendek yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis; (2) strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t data pretes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai thitung sebesar -.338 dengan df 66 dan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05), nilai p lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka tidak signifikan. Hasil penghitungan uji-t data postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 4.338 dengan df 66 dan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05), nilai thitung lebih besar dari nilai p. hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan menulis teks cerita pendek yang signifikan antara kelompok yang mengunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis dengan kelompok tanpa menggunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40237

Actions (login required)

View Item View Item