Agung Suryawan, Agung Suryawan (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. halaman pengesahan.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Laporan ini di buat sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014. Kegiatan PPL dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul Kab. Bantul yang beralamatkan di Jalan Imogiri Barat Km.7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Adapun kegiatan PPL dilaksanakan pada program pembuatan mural PAUD Prima Sanggar, Orientasi PAUD Prima Sanggar, pendampingan TPA Prima Sanggar, pengadaan media pembelajaran, mengajar pada anak usia dini di PAUD Terpadu SKB Bantul yaitu di KB danTK Prima Sanggar SKB Bantul Kab. Bantul. Pada Praktik pengalaman Lapangan (PPL) di SKB Bantul Kab. Bantul kegiatan praktik yang dilakukan, diantaranya adalah pembuatan mural di PAUD terpadu Pirma Sanggar, orientasi PAUD Terpadu, pengadaan media pembelajaran, dan mengajar KB dan TK binaan dari SKB Bantul Kab. Bantul. Dalam kegiatan pembuatan mural dan orientasi melakukan berbagai persiapan dengan membuat rancangan kegiatan. Dalam kegiatan pengadaan media pembelajaran melakukan berbagai persiapan dengan membuat proposal, menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat media pembelajaran. Dalam kegiatan mengajar, dilakukan berbagai persiapan dalam mengajar, diantaranya adalah pembuatan Rencana Kegiatan Harian (RKH), membuat media pembelajaran, bahan untuk evaluasi, dan sebagainya. Hasil yang didapat dari melaksanakan kegiatan PPL adalah pengalaman dalam mengahadapi karakter peserta didik yang berbeda-beda, pengalaman langsung dalam mengajar,membuat media yang akan digunakan dalam mengajar, mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ditemui sebelum mengajar, saat mengajar dan setelah mengajar, serta membangun mitra kerja yang baik dengan Bapak/ Ibu Pamong, Karyawan dan pendidik PAUD Terpadu di SKB Bantul. Kegiatan PPL lebih difokuskan mengajar pada program PAUD Terpadu (TPA, KB, TK) Prima Sanggar dan PPL yang lakukan di KB dan TK Prima Sanggar SKB Bantul. Harapan penulis, apa yang telah di laksanakan dalam kegiatan PPL ini dapat bermanfaat bagi lembaga yang bersangkutan, dan bagi mahasiswa PPL. Semoga dapat mengambil hikmah dan menjadi pengalaman yang berharga. Harapan ke depan, semoga PPL di SKB Bantul dapat lebih baik
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :SKB, Program, PPL |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 01:28 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |