EFEKTIVITAS MUSIK KLASIK (EFEK MOZART) UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN (BURNOUT)BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Novian Gangga Kurniawan, Novian (2016) EFEKTIVITAS MUSIK KLASIK (EFEK MOZART) UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN (BURNOUT)BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi_Novian Gangga Kurniawan_12104241069.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas musik klasik (efek mozart) terhadap penurunan tingkat kejenuhan (burnout) belajar pada siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang melibatkan 2 kelas dari kelas XI sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui tingkat kejenuhan (burnout) belajar siswa yaitu instrumen skala kejenuhan (burnout) belajar dengan model guttman. Validitas dan reliabilitas instrumen sudah dibakukan yakni 0,765 per item untuk validitas serta Rxx=0,862 untuk reliabilitas. Analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui perbedaan tingkat kejenuhan (burnout) belajar sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest) serta uji mann-whitney digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat kejenuhan (burnout) belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji wilcoxon menunjukan ada penurunan skor yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dengan p=0,011 dimana p<0,05. Hasil uji mann-whitney menunjukkan bahwa p=0,038 dimana p<0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa musik klasik efektif untuk menurunkan tingkat kejenuhan (burnout) belajar pada siswa. Kata kunci: musik klasik (efek mozart), kejenuhan (burnout) belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40235

Actions (login required)

View Item View Item