Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada Pembelajaran Barisan dan Deret Ditinjau dari Prestasi dan Sikap Siswa terhadap Matematika

Halim, Abdul (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada Pembelajaran Barisan dan Deret Ditinjau dari Prestasi dan Sikap Siswa terhadap Matematika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdul-halim-09709251020.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada pembelajaran barisan dan deret ditinjau dari prestasi dan sikap siswa terhadap matematika di kelas XII IPS Madrasah Aliyah Negeri Sintang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design.Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil secara acak dari populasi tiga kelas XII-IPS MAN Sintang. Dari dua kelas sampel tersebut, kelas XIIIPS1 dan XIIIPS3 masing-masing dikenai perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar, angket sikap terhadap Matematika dan pembelajaran Matematika. Untuk mengetahui efektif tidaknya pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one samplet-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe TAI, data dianalisis secara multivariat dengan analisis datatwo-group MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 kemudian dianalisis dengan uji t Bonferoni pada taraf signifikansi 0,025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kooperatif tipe STADdan pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif ditinjau dari prestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika. 2) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI ditinjau dari prestasi belajar dan sikap siswa terhadap Matematika dan pembelajaran Matematika, dan 3) tidak terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI ditinjau dari prestasi belajar Matematika; dan terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI bila ditinjau dari sikap siswa terhadap Matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe STAD,pembelajaran kooperatif tipe TAI, prestasi belajar, sikap terhadap matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 06:14
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40211

Actions (login required)

View Item View Item