PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK KONTEKSTUAL BERBANTUAN KOMPUTER DALAM MATADIKLAT PEMESINAN

Sudji Munadi, , Dr., M.Pd. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK KONTEKSTUAL BERBANTUAN KOMPUTER DALAM MATADIKLAT PEMESINAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text (dokumen)
Sudji_Munadi.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud menemukan model pembelajaran yang lebih sesuai dengan karkteristik peserta didik. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran konstruktivistik berbantuan modul elektronik yang teruji secara teoritik dan empirik. Penelitian dirancang dalam tiga tahap dalam kurun waktu 3 tahun. Pada tahun pertama penelitian telah berhasil merancang, mem¬buat dan mengujikan model pembelajaran menggunakan Mo¬dul Konstruktivisme Kontekstual (Modul Elektronik/ME) dan pe¬rang-katnya. Pada tahun kedua, penelitian ini bertujuan untuk me¬nerapkan dan menguji model dalam lingkup yang lebih luas se¬kaligus melihat efektivitasnya. Pada tahun ketiga, adalah tahap sosialisasi model pembelajaran ME. Penelitian dirancang meng¬gunakan pendekatan Research and Development. Tahap ke dua pa¬da tahun ke dua penelitian ini dirancang untuk menerapkan model pembelajaran ME secara luas. Hasil penelitian pada tahun kedua menunjukkan bahwa pengembangan Modul Elektronik atau media pembelajaran ber¬bantuan komputer membutuhkan berbagai tahapan mulai dari studi pendahuluan, perumusan model, validasi, uji terbatas, uji luas, re¬visi dan perumusan produk akhir. Modul elektronik dalam pene¬litian ini telah melalui berbagai tahapan tersebut. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Modul Elektronik yang disusun telah memenuhi aspek kelayakan baik dari segi teoritis maupun dari segi empiris. Tedapat tiga pola implementasi pem¬belajaran menggunakan Modul Elektronik yaitu: (1) sebagai media tayamg, (2) sebagai media pendukung praktek, dan (3) sebagai media pembelajaran individual dan interaktif. Implementasi pem¬belajaran berbantuan komputer atau media elektronik tidak dapat dipaksakan dengan pola yang sama, namun perlu memperhatikan karaktersitik masing-masing SMK terutama dalam aspek kesiapan guru dan fasilitas yang dibutuhkan Kata Kunci: Modul Elektronik, Pembelajaran Berbantuan Komputer, SMK FT, 2008 (PEND. TEK. MESIN)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 10 Aug 2012 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item View Item