Sasongko, Dimas Angga Nur and Waryanto, Nur Hadi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “PETUALANGAN GATOTKACA“ BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI GEOMETRI UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB II.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (254kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
|
![]() |
Video
Segiempat.exe Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif “Petualangan Gatotkaca“ berbasis pendekatan kontekstual pada materi geometri untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas media berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Desain penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian media oleh ahli materi, ahli media dan guru untuk mengukur kevalidan; angket respon dan lembar observasi keterlakasanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan; serta soal tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan media. Uji coba produk dilakukan kepada 32 siswa kelas VII C di SMP Negeri 1 Pakem. Berdasarkan penilaian oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media, diperoleh skor rata-rata 4,18 dengan kriteria baik, dan penilaian media oleh guru diperoleh skor rata-rata 4,04 dengan kriteria baik; Dengan demikian media dinyatakan valid. Hasil analisis data angket respon guru menunjukkan bahwa media memiliki skor rata-rata 4,3 dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis data angket respon siswa menunjukkan bahwa media memiliki skor rata-rata 4,02 dengan kriteria baik. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan klasifikasi baik dengan persentase mencapai 97%; Dengan demikian media dinyatakan praktis. Hasil penilaian tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa media sangat efektif digunakan karena persentase ketuntasan klasikal mencapai 84,37%. Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, pendekatan kontekstual, geometri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 02:04 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |