PENINGKATAN KREATIVITAS MENDESAIN BUSANA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOODBOARD PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SEWON

Sindu, Yunastiti (2016) PENINGKATAN KREATIVITAS MENDESAIN BUSANA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOODBOARD PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SEWON. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sindu Yunastiti 1151325001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KREATIVITAS MENDESAIN BUSANA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOODBOARD PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SEWON Oleh: Sindu Yunastiti NIM. 11513245001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media moodboard pada mata diklat menggambar busana, 2) meningkatkan kreativitas mendesain busana dengan memanfaatkan media moodboard pada mata diklat mengambar busana siswa kelas XI di SMKN 1 Sewon Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru mata diklat Menggambar Busana. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: 1) Perencanaan,2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleki. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sewon dengan subjek penelitian adalah 32 siswa kelas XI jurusan Busana Butik 3. Metode pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, lembar observasidan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert), hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran moodboard, lembar unjuk kerja dan lembar observasi yang akan digunakan sudah layak dan instrument dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach's dengan nilai 0,828. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan pembelajaran menggambar busana dengan menggunakan media moodboard terlaksana melalui dua siklus. Dalam pembukaan, guru memberikan apersepsi terhadap siswa, kegiatan inti yaitu siswa diarahkan menggunakan media pembelajaran moodboard dalam proses mendesain busana, dan pada bagian penutup guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran. Peningkatan kreativitas menggambar busana pesta dengan menggunakan media moodboard terbukti dari nilai rata-rata kreativitas siswa pada pra siklus baru mencapai 37,5% atau 12 siswa mencapai nilai kreativitas, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus pertama, kreativitas siswa mengalami peningkatan menjadi 56,3% atau 18 siswa mencapai kreativitas, dan pada siklus ke dua pencapaian kreativitas siswa meningkat menjadi 87,5% atau 28 siswa telah mencapai kreativitas. Uraian di atas menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan moodboard dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mendeain busana mata diklat menggambar busana. Kata kunci: moodboard, kreativitas, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:54
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40189

Actions (login required)

View Item View Item