UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DENGAN METODE “MIND MAPPING” DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

SINUNG, WAHYUDI (2016) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DENGAN METODE “MIND MAPPING” DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sinang Wahyudi 08504244011.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DENGAN METODE “MIND MAPPING” DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Oleh: SINUNG WAHYUDI NIM. 08504244011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengapian dengan metode mind mapping di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan metode pembelajaran mind mapping. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 2 angkatan 2013/2014 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian dilakukan dengan 3 siklus. Langkah-langkah penelitian ini dimulai dengan pembuatan instrumen observasi aktivitas dan tes. Instrumen tes yang digunakan untuk pengambilan data pretest dan postest divalidasikan terlebih dahulu sebelum digunakan. Instrumen tes divalidasikan kepada Dosen ahli sistem pengapian konvensional teledih dahulu sebelum dilakukan uji coba instrumen guna menguji validitas butir instrumen tes. Setelah dilakukan validitas barulah instrumen yang valid dapat digunakan penelitian dengan langkah-langkah penelitian dimulai dari pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan kemudian siswa secara berkelompok membuat mind mapping (yaitu cara mencatat yang kreatif dan efektif yang dapat dikombinasikan dengan warna, simbol, garis, dan gambar yang sesuai dengan cara kerja otak) tentang materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru dan kemudian mempresentasikannya di depan kelas. Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem pengapian konvensional menggunakan penerapan metode mind mapping ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata nilai postest; nilai rata-rata pada siklus I 6,9 dengan ketuntasan belajar sebesar 27,77% dan persesntase aktifitas 49,07%; pada siklus II nilai rata-rata 7,6 dengan ketuntasan belajar 44,73% dan persentase aktifitas 62,03%; dan pada siklus III nilai rata-rata 8,3 dengan ketuntasan belajarnya 80,55% serta persentase aktifitasnya 74,07%. Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM dan ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar dan keaktifan dalam belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran mind mapping. Kata kunci : Metode Mind Mapping, prestasi belajar dan keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:40
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40185

Actions (login required)

View Item View Item