KORELASI ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN NORMATIF, ADAPTIF DAN PRODUKTIF DENGAN PEMAHAMAN KARAKTER AKADEMIK SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 KEBUMEN TAHUN 2012/2013

SIGIT, BUDI PRASETYO (2016) KORELASI ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN NORMATIF, ADAPTIF DAN PRODUKTIF DENGAN PEMAHAMAN KARAKTER AKADEMIK SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 KEBUMEN TAHUN 2012/2013. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SIGITBUDI-PRASETYO-08503241010.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

KORELASI ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN NORMATIF, ADAPTIF DAN PRODUKTIF DENGAN PEMAHAMAN KARAKTER AKADEMIK SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 KEBUMEN TAHUN 2012/2013 Oleh: SIGIT BUDI PRASETYO NIM. 08503241010 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan antara prestasi mata pelajaran Normatif dengan pemahaman karakter akademik siswa Program Keahlian Teknik Pemesinan SMKN 2 Kebumen tahun 2012/2013, (2) mengetahui hubungan antara prestasi mata pelajaran Adaptif dengan pemahaman karakter akademik siswa Program Keahlian Teknik Pemesinan SMKN 2 Kebumen tahun 2012/2013, (3) mengetahui hubungan antara prestasi mata pelajaran Produktif dengan pemahaman karakter akademik siswa Program Keahlian Teknik Pemesinan SMKN 2 Kebumen tahun 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex-Post Facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMKN 2 Kebumen yang berjumlah 144 orang, sedangkan sampel yang dibutuhkan adalah 105 orang dengan taraf kesalahan yang digunakan sebesar 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random samping. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi sederhana menggunakan teknik statistik non parametris menurut Kendal Tau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi mata pelajaran Normatif dengan pemahaman karakter akademik. Hal ini dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,79 dan z hitung (12,047) > z tabel pada taraf kesalahan 5% (2,58), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi mata pelajaran Adaptif dengan pemahaman karakter akademik. Hal ini dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,26 dan z hitung (4,061) > z tabel pada taraf kesalahan 5% (2,58), (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi mata pelajaran Produktif dengan pemahaman karakter akademik. Hal ini dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,54 dan z hitung (8,223) > z tabel pada taraf kesalahan 5% (2,58). Dari keseluruhan hasil uji hipotesis menghasilkan koefisien korelasi > 0, maka koefisien korelasi dikatakan mempunyai arah hubungan yang positif dan untuk uji signifikansinya memperoleh hasil z hitung > z tabel maka hubungan dari ke-tiga variabel adalah signifikan, sehingga hipotesis 1, 2 dan 3 diterima. Kata kunci: Prestasi Mata Pelajaran Normatif, Adaptif, Produktif dan Karakter Akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 10:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40179

Actions (login required)

View Item View Item