SULISTIANI, FAUZIYAH (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AK 2 SMK N 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
UNDERGRADUATE THESIS_FAUZIYAH SULISTIANI_12818244005.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK N 7 Yogyakarta Tahun Ajaran2015/2016 melalui Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Analasis data ini untuk membandingkan antara kondisi awal sebelum dilakukannya tindakan dengan hasil yang diperoleh pada siklus I dan siklus II sehingga dapat diperoleh perbedaan sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dapat Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK N 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi yang didapat melalui angket yang didistribusikan kepada siswa terdapat peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi siswa sebesar 6,87% dimana skor pada siklus I sebesar 74,22% meningkat menjadi 81,09% pada siklus II. Dari data Prestasi Belajar Akuntansi yang diperoleh, nilai rata-rata pre test dan post test siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,9% dari nilai rata-rata pre test sebesar 70,15 meningkat menjadi 76,40 pada post test. Pada siklus II, nilai rata-rata pre test dan post test siswa mengalami peningkatan sebesar 10% dari nilai rata-rata pre test sebesar 75,59 meningkat menjadi 83,37 pada post test. Selain itu, terdapat peningkatan ketuntasan belajar sebesar 18,75% yang dihitung dari ketuntasan belajar pada post test siklus I sebesar 65,63% meningkat pada siklus II menjadi 84,38%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Edmodo, Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 02:59 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40174 |
Actions (login required)
View Item |