PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL DASARDASAR OTOMOTIF PROGAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Sigit, Sulistyanto (2016) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL DASARDASAR OTOMOTIF PROGAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sigit Sulistyanto 10504244001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL DASARDASAR OTOMOTIF PROGAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Sigit Sulistyanto 10504244001 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi dan motivasi siswa setelah penerapan media pembelajaran berbasis multimedia dengan aplikasi Macromedia Flash pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X Progam keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri Yogyakarta. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan media pembelajaran berbasis multimedia dengan aplikasi Macromedia Flash. Guru menjelaskan materi dengan bantuan media teks, gambar, animasi dan video yang ada pada media tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pada kompetensi Sistem bahan bakar double barel dan Memelihara Baterai. Data penelitian ini meliputi hasil tes kemampuan kognitif dan angket motivasi siswa. Teknik pengumpulan data kemampuan kognitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif dan data motivasi siswa melalui angket kuisioner dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari hasil tes tiap-tiap siklus. Pada nilai awal sebelum tindakan ke siklus I rerata prestasi belajar siswa 62 dengan 44 % siswa di atas KKM meningkat menjadi prestasi belajar siswa sebesar 64,3 dengan 75 % di atas KKM. Kemudian pada siklus II rerata prestasi belajar siswa sebesar 70,2 dengan 89,28 % di atas KKM. Rerata prestasi belajar siswa pada siklus I meningkat 2,3 poin dibandingkan dengan pra tindakan, rerata prestasi belajar siswa pada siklus II meningkat 5,9 poin dibandingkan dengan siklus I, begitu juga dengan tingkat ketuntasan siswa dari awal 44 % meningkat menjadi 75% pada sikus I dan meningkat menjadi 89,28 % pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari hasil skor angket motivasi dan lembar observasi motivasi belajar siswa. Pada angket motivasi data awal menunjukan motivasi siswa memiliki skor 14,97 dengan kategori cukup pada siklus I skor meningkat menjadi 15, 33 dengan kategori “cukup”. Pada siklus II meningkat menjadi 20,03 dengan kategori “tinggi”. Dari hasil lembar observasi skor awal menunjukkan kategori “sangat rendah” dengan skor 3,07 meningkat menjadi kategori “cukup” pada siklus I dengan skor 7,78 dan meningkat menjadi kategori “tinggi” pada siklus II dengan skor 10,41. Kata Kunci: Macromedia flash, prestasi belajar, Dasar - Dasar Otomotif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 10:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40169

Actions (login required)

View Item View Item