LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) SMK YPKK 1 SLEMAN

ISMI NUR RAHMAH, ISMI NUR RAHMAH (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) SMK YPKK 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
4.LAPORAN INDIVIDU PPL ISMI NUR RAHMAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang akan menghasilkan tenaga pendididk yang profesional. Jurusan yang berbasis pendidikan unggul dibawah UNY dimana mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan melalui salah satu mata kuliah yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa, terutama praktiknya dalam mengajar di Sekolah. Pengalaman yang didapat tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Dimana mahasiswa dihadapkan dalam situasi yang sesungguhnya dan menghadapi berbagai permasalahan nyata yang terjadi di dalam suatu pembelajaran. Selain itu praktik mengajar tersebut akan memperluas wawasan, memberikan pengetahuan mengenai kompetensi guru, keterampilan, tanggung jawab, kemandirian, dan meningkatkan kemampuannya dalam memecahkan permasalahan. Lokasi pratikan melaksanakan PPL adalah di SMK YPKK 1 Sleman yang beralamatkan di Jalan Sayangan No.5, Meijing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Sleman. SMK YPKK 1 Sleman merupakan sekolah yang memiliki potensi cukup besar. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya sumber daya manusianya. SMK YPKK 1 Sleman memiliki 360 siswa yang terdiri dari 3 kompetensi keahlian yaitu: KK Akuntansi, KK RPL dan KK Farmasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK YPKK 1 Sleman maka mahasiswa kemudian merancang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK YPKK 1 Sleman yang terkait dengan kebutuhan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Pelaksanaan PPL ini praktikan dibimbing oleh guru pembimbing yang senantiasa memberikan bimbingan dan arahan yang terkait dengan profesinya sebagai guru. Pengetahuan tidak hanya diberikan terkait mengenai pelaksanaan pembelajaran di kelas, namun juga mengenai penyusunan administrasi guru yang sesuai peraturan yang berlaku. Pengalaman Praktik mengajar praktikan terlaksana dalam 8 kali pertemuan di 3 kelas dalam 1 jenjang yaitu di kelas XII AK1, XII AK2, dan XII AK3. Mata pelajaran yang diampu praktikan yaitu akuntansi manufaktur. Progam-program yang dimiliki praktikan dan telah terlaksana, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik Akuntansi dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK YPKK 1 SLEMAN, supaya PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Aug 2016 02:33
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40160

Actions (login required)

View Item View Item