EFEKTIVITAS PENINGKATAN VO2MAX DENGAN METODE KONTINYU DAN FARTLEK PADA ATLET SEKOLAH SEPAK BOLA MATRA UTAMA TAHUN 2016

Alfian, Muhammad (2016) EFEKTIVITAS PENINGKATAN VO2MAX DENGAN METODE KONTINYU DAN FARTLEK PADA ATLET SEKOLAH SEPAK BOLA MATRA UTAMA TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada SSB Matra Utama adalah sering terjadinya kelelahan saat pertandingan dan latihan, VO2max anak-anak masih berada pada level rendah setelah dilakukan tes kondisi fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah apakah ada peningkatan sebagai acuan pembanding bagi pelatih dalam menentukan efektivitas peningkatan VO2max dengan menggunakan metode kontinyu dan fartlek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB Matra Utama yang terdiri atas 20 siswa usia 14-16 tahun, dengan subjek penelitian di kelompokan menggunakan metode ordinal pairing yang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing kelompok 10 orang. Kelompok pertama dilatih menggunakan metode kontinyu dan kelompok dua menggunakan metode fartlek.. Desain yang dalam penelitian ini Two Group Pre-Test Post-Test Design. Instrumen penelitian menggunakan tes balke. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Analisis data deskriptif. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Data menunjukkan bahwa uji paired ttest, sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan antara nilai sebelum perlakuan dengan setelah perlakuan, (3) VO2max kontinyu meningkat 15,9% (3) VO2max fartlek meningkat sebesar 20,7% (4) Berdasarkan uji test 2 peningkatan Vo2max menggunakan metode kontinyu meningkat sebesar 15,9% sedangkan metode fartlek meningkat sebesar 20,7% sehingga metode fartlek lebih efektif dibandingkan dengan metode continuous running.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: VO2max, kontinyu, dan fartlek
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 10:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40151

Actions (login required)

View Item View Item