PENERAPAN PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) GEMAR MATEMATIKA 5 KELAS 5 SD DI SD DONOTIRTO

Yusuf Iqbal, Muhammad (2016) PENERAPAN PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) GEMAR MATEMATIKA 5 KELAS 5 SD DI SD DONOTIRTO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
MUHAMMAD YUSUF IQBAL_12105244040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penerapan prinsipprinsip desain pesan pembelajaran pada buku sekolah eletronik (BSE) Gemar Matematika 5 untuk kelas 5 yang digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran matematika di SD Donotirto. Penelitian ini ingin mengetahui penerapan prinsip kesiapan dan motivasi, prinsippenggunaan alat pemusat perhatian, prinsip partisipasi aktif, prinsip umpan balik dan prinsip perulangan pada buku sekolah elektronik gemar matematika 5. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi deskriptif. Analis isi diskriptif adalah analisis isi yang dimaksudkan untuk menggambarkan secara detail suatu pesan, atau suatu teks tertentu. Analisis isi tidak menguji hipotesis ataupun hubungan antar variable, namun menggambarkan aspek dan karakteristik dari suatu pesan. Dalam penelitian ini analisis isi menggambarkan bentuk penerapan prinsip-prinsip desain pesan pembelajaran pada buku sekolah elektroknik gemar matematika 5. Hasil penelitian ini adalah: (1) Buku sekolah elektronik (BSE) Gemar Matematik 5 telah menerapkan prinsip-prinsip desain pesan pembelajaran. (2) Bentuk penerapan prinsip desain pesan pembelajarannya yaitu; (a) Penerapan prinsip kesiapan dan motivasi; (b) Penerapan prinsip penggunaan alat pemusat perhatian; (c) Penerapan prinsip partisipasi aktif siswa; (d) Penerapan prinsip umpan balik berupa kunci jawaban dan gambar ilustrasi yang memberikan pujian atau peringatan sebagai umpan balik; (e) Penerapan prinsip perulangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 10:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40148

Actions (login required)

View Item View Item