KOMPARASI EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Fa'iyah, Isti (2016) KOMPARASI EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ISTI FA'IYAH_10105241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komparasi efektivitas metode CIRC dan metode TTW terhadap keterampilan menulis teks wawancara menjadi narasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan pretest-posttest control group. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu variabel bebas metode CIRC dan TTW, serta variabel terikat menarasikan teks wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banguntapan. Sampel yang digunakan adalah kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas untuk menunjukkan skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menarasikan teks wawancara antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perbedaan ditunjukkan dari hasil analisis uji-t data posttest kedua kelas yang menunjukkan nilai p sebesar 0,004 <0,05. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa metode CIRC lebih efektif daripada metode TTW. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh p sebesar 0,000 < 0,05 serta terdapat kenaikan skor rerata pada kelas eksperimen yaitu 8,84 daripada kelas kontrol sebesar 4,03.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 10:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40147

Actions (login required)

View Item View Item