PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) MITIGASI BENCANA UNTUK KELAS IV DI SD NEGERI UMBULHARJO II CANGKRINGAN, SLEMAN

Swastika Ayuningtyas, Tata (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) MITIGASI BENCANA UNTUK KELAS IV DI SD NEGERI UMBULHARJO II CANGKRINGAN, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tata Swastika Ayuningtyas_11105241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilakan produk Alat Permainan Edukatif (APE) mitigasi bencana yang layak untuk kelas IV SD Negeri Umbulharjo II Cangkringan, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Borg and Gall serta Dick and Carey. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Tahapan penelitian pengembangan Borg and Gall dan Dick and Carey yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan berupa teknik analisis produk, pengembangan format awal produk di dalamnya meliputi validasi ahli media dan validasi ahli materi, uji coba lapangan awal, merevisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan terbatas, merevisi uji coba lapangan terbatas, uji coba lapangan operasional, merevisi uji coba lapangan operasional dan penyempurnaan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, observasi dan pretest-posttest. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Data hasil angket ahli dan siswa dianalisis dengan konversi skala lima dan data hasil belajar siswa melalui pretest-posttest. Analisis data hasil penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dikonversi ke data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penilaian ahli materi dari aspek ketetapan materi, kejelasan materi, kecukupan materi dan keterlaksanaan memperoleh nilai 4,4 (Sangat Layak). Adapun validasi ahli media dilakukan secara 3 tahap. Tahap 1 mendapat nilai 3,83 (Tidak Layak), validasi tahap 2 mendapat nilai 4,00 ( Layak), validasi tahap 3 mendapat nilai 4,40 (Layak). Kemudian hasil uji coba lapangan awal 73% (Layak), hasil uji coba lapangan terbatas 91,25% (Sangat Layak) , uji coba lapangan operasional 92,84% (Sangat Layak). Uji hasil belajar pretest mendapat rerata nilai 4,58, hasil belajar posttest mendapat rerata nilai 95,58. Sehingga hasil belajar mengalami peningkatan 54,00. Jadi, secara keseluruhan hasil Alat Permainan Edukatif (APE) mitigasi bencana layak digunakan oleh siswa SD Negeri Umbulharjo 2 Cangkringan, Sleman yang memudabkan siswa belajar mitigasi bencana.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 10:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40145

Actions (login required)

View Item View Item