EFEKTIVITAS STRATEGI MODELING MELALUI KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII DI SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Rully Age Irawan, Rully (2016) EFEKTIVITAS STRATEGI MODELING MELALUI KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII DI SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Rully Age Irawan_11104244048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi modeling melalui konseling kelompok terhadap peningkatan komunikasi interpersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Piyungan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 169 siswa kelas VII, kemudian dipilih 12 siswa yang mempunyai komunikasi interpersonal rendah, setelah itu dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 6 siswa kelompok eksperimen dan 6 siswa kelompok kontrol. Pengambilan subjekmenggunakan teknik purposive sampling.Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Skala Komunikasi Interpersonal.Uji validitas instrumen menggunakan validitas logis dengan expert judgement, sedangkan uji skala realibilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas skala komunikasi interpersonal sebesar 0,921.Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi modeling melalui konseling kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.Hal ini terbukti dengan hasil analisis melalui teknik statistik nonparametris uji wilcoxon dengan hasil Zhitung = 2,234 (Sig > 0,05) > Ztabel = 1,645 (Sig > 0,05) serta adanya kenaikan skor rata-rata komunikasi interpersonal siswa pada pretest sebesar 76 dan meningkat pada post-test menjadi 104. Kata kunci :strategi modeling, konseling kelompok, komunikasi interpersonal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 10:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40142

Actions (login required)

View Item View Item